Jumat, 29 Maret 2019

MATERI SEJARAH KELAS X : KUTAI KARTANEGARA


Kutai atau sering di sebut juga Kutai Martadipura adalah kerajaan pertama yang ada di Indonesia.
Corak               : Hindu
Tahun Berdiri  : Abad ke-4
Letak               : Kalimantan Timur, di tepi hulu sungai Mahakam

Nama Kutai diambil dari Nama daerah tempat ditemukannya prasasti Yupa.

a.      Sumber Sejarah
-Dalam Negri
Sumber sejarah kerajaan diambil dari 7 prasasti yang ditemukan, yaitu prasasti Yupa. Yupa adalah batu prasasti atau tiang batu. Fungsi dari prasasti ini adalah untuk mengikat hewan kurban atau persembahan saat Raja Mulawarman mensedekahkan 20.000 ekor sapi.Prasasti ini menggunakan huruf phalawa bahasa sansekerta.  Isi prasasti Yupa :
1.      Menceritakan silsilah keluarga kerajaan kutai, yaitu Raja Kudungga, Raja Aswawarman, Raja Mulawarman.
2.      Menceritakan Persembahan 20.000 ekeor sapi dan emas Raja Mulawarman ke Brahmana.
-Luar Negri
Berita dari Cina Fan Shien, dalam bukunya yg berjudul Fao Kao Chi pada tahun 414 M, menceritakan suatu tempat yang jarang ada penganut Budha, Sudah mulai masuk pengaruh Hindu dan sebagian besar masih Animisme.
b.      Kehidupan Politik
Raja-raja yang memimpin :
1.      Kudungga
Kudungga adalah raja pertama yang mendirikan Kerajaan Kutai Awalnya dia adalah kepala suku, setelah masuknya pengaruh Hindu-Budha, dia mengangkat dirinya sendiri menjadi Raja. Upacara pengangkatan kepala suku menjadi Raja disebut Upacara Puruhita. Nama Raja Kudungga masih asli nama Indonesia belum mendapat pengaruh warman dari India.
2.      Aswawarman
Aswawarman adalah putra Kudungga, dia mendapat jukan Wamsakarta atau pembentuk keluarga. Kenapa pembentuk keluarga Aswawarman bukan Kudungga ? Karena yang merupakan Raja Pertama real Keturunan Raja yang beragama Hindu itu Aswawarman, sedangkan Kudungga itu awalnya seorang kepala suku dan belum menganut agama Hindu.Raja Aswawarman melakukan perluasan wilayah dengan Aswameda, yaitu perluasan wilayah dengan melepaskan kuda, tempat pemberhentian pertama kuda itu akan menjadi batas wilayah kerajaan Kutai.
3.      Mulawarman
Mulawarman adalah Raja Terkeceh di Kutai. Masa pemerintahannya adalah masa eman, rakyatnya juga makmur. Dalam catatan Yupa juga disebutkan bahwa Raja Mulawarman bersedekah emas dan berkorban 20.000 ekor sapi untuk para Brahmana.

c.       Sosial Budaya
Dimasa Kutai, masyrakat telah menganut agama Hindu. Mereka juga mengenal tulisan Pallawa dan Bahasa Sansekerta yang dari India. Terbukti dengan ditemukannya prasast Yupa, maka masa prasejarah telah selesai karena telah ditemukannya tulisan.
d.      Kehidupan Ekonomi
Mata pencaharian utama masyarakat kutai adalah pertanian dan pertenakan. Karena di dekat sungai jadi tanahnya subur, rajanya juga sering mengadakan pengorbanan jadi masyarakatnya menjadi perternak. Mereka juga melakukan aktivitas perdagangan, Sungai Mahakam digunakan untuk lalu lintas perdagangan lokal. Mereka juga melakukan aktivitas perdagangan Internasional dengan cina, filipina, dsb.

e.      Keruntuhan Kerajaan Kutai
Kerajaaan ini berakhir karena Rajanya yg terakhir Maharaja Dharma tewas dalam peperangan ditangan Raja Kutai Kartanegara. Kerajaan Kutai Mangkunegara akhirnya menjadi Kerajaaan Kutai Kartanegara lalu berubah menjadi Kerajaan Islam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar