Jumat, 29 Maret 2019

MATERI SEJARAH KELAS X : TARUNANEGARA


Tarumanegara adalah kerajaan pertama di pulau jawa. Kata Tatumanegara berasal dari kata nagara yang artinya negara dan Tarum dan kata citarum sungai yang membelah Jawa Barat.

Tahun Kekuasaaan            :  4-7 M
Lokasi                                : Jawa Barat
Aliran                                : Hindu Wisnu

1.      Sumber Sejarah
-Sumber dalam negri
7 buah Prasasti, ditemukan 5 di Bogor, 1 di Jakarta Utara, 1 di Lebak banten 5 menggunakan huruf pahlawa dan 2 belum bisa dibaca.
1.      Prasasti Kebon
Tahun pembuatan : 4 M
Di temukan di keboen Kopi milik Jonatan Rig, Ciampea, Jabar.
Berisi 2 telapak kaki gajah Airat / gajah kendaraan dewa wisnu.
Belum bisa dibaca karen tulisan sudah usang.
2.      Prasasti Ciareuteun
Ditemukan di Muara sungai Ci Sadane tahun 1981. Isinya telapak kaki Raja Purnawarman yang mirip telapak kaki Wisnu. Isinya juga berupa puisi 4 baris berbahasa sansekerta dan huruf palawa.
“Telapak kaki yang seperti wisnu ini kepunyaan Raja dunia yang gagah berani yang termahsyur Purnawarman Penguasa Tarumanegara”
3.      Prasasti Tugu
Ditemukan di kelurahan tugu, Jakarta Cilincing Jakarta Utara, Sekarang disimpan di museum Jakarta. Isinya ttg perintah penggalian sungan Gompati dan Cabdrabaga untuk mengatasi bancana alam yg sering terjadi berupa banjir. Setelah pembangunan selesai, Raja Purnawarman memberikan selamatan berupa 1000 ekor sapi pada kaum brahmana.
4.      Prasasti Jambu
Ditemukan di Bukit Koleangkak dekat Bogor. Di bukit ini mengalir sungai Cikasungka. Prasasti ini juga terukir telapak kaki dan berisi puisi 2 baris.
“Yg termahsyur yg memerintah Taruma serta baju perisainya yg tdk bisa ditembus oleh panah musuh-musuhnya, kepunyaanyalah kedua telapak kaki ini, yg selalu berhasil menhancurkan benteng musuh, yang selalu menghadiahkan kapada yg setia padanya, dan merupakan duri bagi musuhnya.”.
5.      Prasasti Lebak
Ditemukan di aliran sungai cidanghiang desa Lebak. 1947. Berisi pujian kepasa Raja Punawarman.
“Ini tanda keperwiraan, keagungan, dan keberanian yang sungguh-sungguh dari raja dunia, yang mulia purnawarman yg menjadi Panji sekahan Raja.”
6.      Prasasti Pasir awi dan Muara Cianten
Keduanya ditemukan di Bogor, ditulis dlm bentuk ikal belum dapat dibaca. Prasasti ini juga ada telapak kakinya.
2.       Sumber Luar Negri
1.      Berita dari Fa Hien, pendeta Budha, thn 414 M dlm bukunya Kao Faao Chi menceritakan di Jawa sedikit dijumpai agama Budha, yg banyak Hindu dan agama kotor / animisme.
2.      Berita dari dinasti Sui
3.      Berita dari disnati Tang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar